Rabu, 21 November 2012

hardware

 HARDWARE PC

a. Input Device

input device selain digunakan untuk memasukkan data, dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat dibedakkan menjadi dua, yaitu:

  • Peralatan input langsung, yaitu input yang ketika dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses. Contoh: keyboard, mouse, touchscreen, light pen, digitizer grapichs tablet, scanner.
  • Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu sebelum input tersebut diproses oleh alat pemroses. Contoh: disket, hardisk, punched card.
alat masukkan / input device tersebut terdiri dari beberapa piranti, yaitu:

     1. Keyboard

Merupakan input device terpenting yang dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan data berupa huruf, angka, karakter/simbol, serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file. Keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868.

Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port, seperti USB, port serial, wireless, dan ps2. Sedangkan jenis jenis keyboard yaitu :
1. QWERTY
2. DVORAK
3. KLOCKENBERG

     2. Mouse

Fungsinya adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding keyboard (double click). Mouse terdiri dari tiga tombol yaitu tombol sebelah kiri (click), tombol tengah/tombol gulung (scrool), dan tombol kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu serial, ps/2, USB, dan wireless.

     3. Touchpad

Input device ini biasa kita temukan di laptop/notebook. Unit ini digunkan sebagai pengganti mouse. Jadi fungsinya juga untuk memindahkan kursor secara cepat.






     4. Light Pen

Adalah pointer elektronik yang digunakan untuk mendesain gambar dengan screen/layar monitor. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke dalam komputer kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam sinyal elektronik setiap baris per detik.




     5. Joystick dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan komputer. Games paddle berbentuk tongkat dengan beberapa tombol diatasnya untuk mengendalikan suatu objek dalam komputer.



     6. Barcode

Barcode termasuk dalam suatu unit masukan / input device. Fungsi alat ini adalah untuk menyimpad suatu kode yang berbentuk garis - tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Tapi, sekarang di negara-negara maju, barcode sudah digantikan oleh QR Code yang dapat menyimpan jumlah kode lebih banyak dan lebih besar daripada barcode [Baca: QR Code].

     7. Scanner

Adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengcopy / menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memory komputer dengan bentuk gambar. Scanner hampir mirip dengan mesin fotocopy, tapi bedanya di scanner kita dapat memodifikasi file yang dicopy melalui monitor sebulum dicetak hasilnya.

Saat ini sedang dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader). Gunanya untuk mengkoreksi lembar jawaban komputer (LJK), biodata, dan formulir. Tapi dengan teknologi DMR, lembar jawaban tidak harus ditulis dengan menggunakan pensil 2B, tapi dapat menggunakan pulpen, spidol dan alat tulis lain serta dapat menggunakan kertas biasa.

     8. Mikrofon

Input device ini berfungsi untuk memasukkan data berupa suara yang akan disimpan di dalam memori komputer. Penggunaan mikrofon harus didukung oleh hardware lain seperti soundcard dan speaker.




     9. Graphic Pads

Karena menggunakan teknologi Computer Aided Design (CAD), maka kita dapat membuat rancangan bangunan, rumah, dll dengan menggunakan grapich pads. Graphic pads memiliki dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah. Pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane yang sensitif terhadap sentuhan. Kedua, menggunakan bantalan yang sensitif dengan sentuhan tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.


b. Processor PC

processorProcessor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
processor1
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU)
Sejarah Perkembangan Mikroprocessor

Dimulai dari sini :

1971 : 4004 Microprocessor
Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.

1972 : 8008 Microprocessor
Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.

1974 : 8080 Microprocessor
 Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan

1978 : 8086-8088 Microprocessor
Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.

1982 : 286 Microprocessor
Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.
1985 : Intel386™ Microprocessor
Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004
1989 : Intel486™ DX CPU Microprocessor
Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.

1993 : Intel® Pentium® Processor
Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.

1995 : Intel® Pentium® Pro Processor
Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.

1997 : Intel® Pentium® II Processor
Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.

1998 : Intel® Pentium II Xeon® Processor
Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.

1999 : Intel® Celeron® Processor
Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.

1999 : Intel® Pentium® III Processor
Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.

1999 : Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.

2000 : Intel® Pentium® 4 Processor
Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.

2001 : Intel® Xeon® Processor
Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.

2001 : Intel® Itanium® Processor
Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).

2002 : Intel® Itanium® 2 Processor
Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium

2003 : Intel® Pentium® M Processor
Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.

2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors
Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.

2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets
7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.

2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.

2005 : Intel Pentium D 820/830/840
Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.

2006 : Intel Core 2 Quad Q6600
Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )

2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)



c. Output Device

Output Device atau dalam bahasa indonesia perangkat keluaran adalah sebuah perangkat keras yang berperan sebagai media penerjemah informasi yang dihasilkan oleh proses komputer. Dengan Output device maka komputer dapat menyampaikan hasil dari sebuah proses data kepada manusia sebagai pengguananya. Informasi yang disampaikan bisa dalam bentuk visual yang terlihat oleh mata melalui layar, terdengar oleh telinga atau tergambar/tertulis di kertas.
Secara umum ada 5 yang termasuk dalam kategori output device yaitu :
  1. Monitor
  2. Speaker and Headphone
  3. Printer
  4. Projector
  5. Plotter

Monitor


Monitor adalah perangkat output yang paling umum. Monitor menampilkan informasi dalam bentuk tulisan, gambar dan video. Monitor bisa dibedakan berdasar ukuran, resolusi, teknologi, refresh rate dan juga warna.

Speaker & Headphone :




Speaker dan head phones adalah perangkat output yang menghasilkan bunyi baik itu dalam bentuk musik maupun suara. Speaker dan head phone terhubung melalui sebuah kabel yang ditancapkan pada sound card (perangkat pengolah suara)

Printer


Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak. Hasil cetak bisa berupa karakter, tulisan, simbol maupun gambar yang terlihat diatas kertas, hasil output ini juga sering disebut dengan hard copy. Printer bisa dihubungkan ke komputer melalui kabel serial RS232 untuk printer jenis lama, dan USB untuk jenis-jenis printer terbaru. Dengan kemajuan teknologi sekarang, printer juga bisa digunakan melalui wireless (tanpa kabel).

Projector


Projector adalah perangkat output yang secara fungsi mirip dengan monitor tapi menghasilkan tampilan yang lebih besar. Cara kerja projector adalah memantulkan cahaya berupa objek tulisan maupun gambar yang dihasilkan dari proses komputer.

Plotter




Plotter adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak gambar jenis vektor yang terdiri dari titik-titik koordinat yang membentuk sebuah gambar. Secara fungsi sama dengan printer tapi cara kerja proses cetaknya berbeda.


d. Strorage

1. Memori Internal
Memori jenis ini dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Berikut ini saya akan menunjukkan gambar hierarki memori dalam sebuah komputer.
Hierarki Memori Komputer
from: wikipedia
Berdasarkan hierarki memori diatas maka dalam mengimplementasikan sisitem memori terdapat tiga hal penting yakni:
  • Semakin kecil waktu akses, maka semakin besar harga per bit
  • Semakin besar kapasitas, maka semakin kecil harga per bit
  • Semakin besar kapasitas, maka semakin besar pula waktu akses


a. RAM ( Random Acces Memory )

RAM pertama kali dikenal pada era tahun 60-an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah popular seperti saat ini karena harganya yang sangat mahal. Pada saat itu lebih lazim menggunakan memori berjenis magnetic. RAM yang pertama diproduksi oleh Intel berjenis DRAM. RAM adalah memory utama sebuah PC. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara dan mengeluarkan data yang diminta processor. Terdapat beberapa jenis RAM diantaranya adalah:

1. FPM DRAM ( Fast Page Mode Random Acces Memory)
RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memory 30 pin mainboard computer, dimana RAM ini dapat kita temui pada computer tipe 286 dan 386. Saat ini jenis ini sudah tidak diproduksi lagi.
fpm ram
Contoh Gambar FPM DRAM

2. EDO RAM ( Extended Data Out Random Acces Memory )

RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM yang pertama kali. Slotnya 72 pin dan lebih panjang dari RAM biasa yaitu bentuk Single . Memiliki kecepatan 66 MHz.
RAM
Contoh gambar Edo RAM

3. BEDO RAM ( Burst EDO RAM )

RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz.
RAM
Contoh gambar Bedo RAM

4. SD RAM ( Synchronous Dynamic RAM )

RAM jenis ini memiliki kemampuan diatas EDO RAM. Slot memorinya 168 pin, bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Module ( DIMM ). Memiliki kecepatan diatas 100 MHz.
RAM
Contoh gambar SD RAM

5. RD RAM ( Rambus Dynamic RAM)
RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi yaitu 800 Mhz, pertama kali digunakan untuk komputer dengan processor Pentium 4. Slot memory SD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Module ( RIMM ).

RAM
contoh gambar RD RAM

6. DDR SDRAM ( Double Data Rate SDRAM)

Memiliki kecepatan menggandakan kecepatan RD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis inimengkonsumsi sedikit power listrik. Slot memorinya adalah 184 pin, bentuknya RIMM. Jenis DDR saat ini sudah sampai DDR 4.
RAM
Gambar DDR RAM

2. Memori Eksternal
Memori jenis ini dapat diakses oleh prosesor melalui suatu modul I/O. Memori eksternal dapat dibagi menjadi beberapa jenis yakni:
a. Magnetic Disk
Magnetic disk merupakan sebuah piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik yang dilapisi dengan bahan yang dapat dimagnetisasi. Berdasarkan ukurannya magnetic disk dapat dibagi menjadi tiga yaitu:

1. Floppy Disk Drive
floppy disc drive
floppy disc drive

Memiliki ukuran 8″, 3.5″, dan 5.24″.
Memiliki kapasitas maksimum 1.44 Mb(2.88 tidak populer)
Cenderung Lambat
Pada umumnya harga untuk Floppy Disk Drive murah.

2. Hard Disk
Hard Disk Drive
Hard Disk Drive

Memiliki beberapa jenis yakni : IDE, SCSI, SATA, ATA
Dapat dipakai internal atau pun eksternal
Kapasitas bermacam-macam: 40Mb, 120Mb, 510Mb, 1Gb, 2Gb, 3.2Gb, 10Gb, 20Gb, 40Gb, 80Gb, 120Gb.
Harga relatif masih terjangkau.
Hard Disk terdiri atas 3 bagian utama yaitu:
- Piringan magnetic
Berfungsi untuk menyimpan data
- Bagian mekanis
Berfungsi untuk memutar piringan magnetic
- Head
Digunakan untuk membaca data.
Harddisk
Bagian Harddisk
Jenis Hard Disk biasanya dikelompokan berdasarkan kategori Interface, Tingkat kecepatan transfer data, dan Kapasitas penyimpanan data. Jenis Interface yang terdapat pada hard disk bermacam – macam, yaitu : ATA ( IDE, EIDE ), Serial ATA ( SATA ), SCSI (Small Computer System Interface), SAS, IEEE 1394, USB, dan Fibre Channel. Jenis interface menentukan tingkat data rate atau kecepatan transfer data.
Dari beberapa jenis hard disk diatas, yang paling sering digunakan, yaitu IDE, SATA, dan SCSI. SCSI biasanya banyak digunakan pada server, workstation, dan komputer Apple Macintosh mulai dari pertengahan tahun 1990-an hingga sekarang.

Pada tabel dibawah ini saya akan menunjukkan kepada Anda mengenai satuan kapasitas media penyimpanan:
Nama Ukuran 1 Ukuran 2
Bit 1 bit
Nibble 4 bit
Byte 8 bit 1 byte
Kilobyte 1000 byte 1 Kb
Megabyte 1.000.000 byte 1 Mb
Gigabyte 1.ooo.ooo.ooo byte 1 Gb
Terrabyte 1.ooo.ooo.ooo.ooo byte 1 Tp


3. Removable Disk
Multimedia Card
Multimedia Card

Umum ditemui di masyarakat
Pemakaiannya mudah
Dapat digunakan internal atau pun eksternal
Harga sangat murah

b. USB Flash Disc
USB Flash Disc
USB Flash Disc

Harga murah dan mudah dicari
Mudah dalam penggunaannya dan populer hingga saat ini
Kapasitas bermacam-macam: 64Mb, 128Mb, 256Mb, 512Mb, 1Gb, 2Gb, 4Gb, 8Gb, 16Gb, dll.
Bentuk bermacam-macam dan menarik

c. Optical Disk
DVD RW
DVD RW

DVD RW merupakan jenis optical disk yang paling populer saat ini, hampir semua dari jenis komputer telah menggunakan DVD RW.

Tidak ada komentar: